Friday 10 November 2017

JENIS JENIS PENGADUK / MIXER

Definisi pencampuran atau mixing adalah proses yang menyebabkan tercampurnya suatu bahan ke bahan lain dimana bahan-bahan tersebut terpisah dalam pasa yang berbeda.Dalam arti kimia suatu pencamuran (mixing) adalah zat yang dibuat dengan menggabungkan dua zat atau lebih zat yang berbeda tanpa reaksi kimia yang terjadi, sementara tidak ada perubahan fisik dalam suatu pencampuran.


Pemilihan pengaduk menjdai salah satu faktor penting didalam menghasilkan proses dan pencampuran yang efektif. Pengaduk jenis baling-baling dengan aliran aksial dan pengaduk jenis turbin dengan aliran radial menjadi pilihan yang lajim dalam proses pengadukan dan pencampuran.


Jenis pengaduk secara garis besar sangat luas, namun secara umum sebenarnya didalam fungsi atau cara kerjanya di bagi menjadi 5 jenis pengaduk, diantaranya :
  1. Pengaduk Jenis Baling-baling (propeller)


    prinsip kerja :
    baling-baling ini digunakan pada kecepatan berkisar antara 500 rpm hingha 2800 rpm (revolution per minuts) di biasanya digunakan dan diaplikasikan pada cairan dengan tingkat piskositas yang rendah.
    .
  2. Pengaduk jenis dayung / paddle



    Prinsip kerja :
    biasanya digunakan untuk mengaduk jenis liquid yang begitu kental dengan pencampuran sedikik bahan yang memiliki granul tebal. pengaduk jenis ini digunakan dengan putara yang sangat rendah antara 25 - 50 rpm. aplikasi dari mesin ini dipakai untuk pengadukan bumbu liquid, bahan perekta, kosmetik dan lainya yang mengadung minyak atau sejenisnya.

    Pengaduk jenis ini tidak akan efektif jika dipakai untuk suspensi padatan, karena aliran radial bisa terbentuk namun aliran aksial dan vertikal menjadi kecil. Sebuah dayung jangakar atau pagar bisa digunakan dalam pengadukan, karena jenis ini menyapu dan menggeruk dinding tanki sampai bagian bawah tanki
    .
  3. Pengaduk jenis turbin



    Prinsip kerja :
    Penaduk jenis turbin adalah pengaduk yang memiliki banyak daun pengaduk dan memiliki ukuran leboh pendek, biasanya jeni pengaduk turbin ini digunakan pada kecepatan tinggi untuk cairan dengan rentan kekentalan yang sangat luas

    Pengaduk jenis turbin dengan daun datar memberikan aliran radial. jenis ini berguna untuk dispersi gas yang baik, gas akan dialirkan dari bagian bawah pengadukan menuju ke bagian daun pengaduk kemudian terpotong potong menjadi gelembung gas.

    Pengaduk jenis turbin dengan daun yang dibuat miring 45 derajat beberapa aksial akan terbentuk sehingga kombinasi dari aliran kasial dan radian akan terbentuk. Jenis pegaduk trubin ini berguna dalam suspensi padatan karena aliran langsung ke bawah dan menyapu padatan ke atas. Pengaduk dengan aliran aksial menghasilkan pergerakan fluida yang lebih besar dan pencampuran persatuan daya dan sangat berguna dalam suspensi padatan
    .
  4. Pengaduk jenis Helical - Ribbon


    Prinsip kerja :
    Jenis pengaduk ini digunakan pada larutan kekntalan yang tinggi dan berbentuk powder pada umumnya dengan beroperasi pada rpm yang rendah pada bagian bladenya tersebut. Ribbon dengan bentuk spiral dibentuk dalam sebuah bagian helical (bentuknya seperti baling baling screw) dan ditempelkan kepusat sumbu pengaduk. sanngat cocok digunakan untuk mengaduk produk dengan bentuk powder. powder yang akan dicampur alirannya akan berliku-liku pada bagian bawah dan naik ke bagian atas secara bolak balik
    .
  5. Pengaduk jenis jangkar / anchor

    Prinsip kerja :
    Pengaduk jenis ini mirip dengan jangkar kapal, maka sering disebut pengaduk tipe jagkar. pengaduk tipe jangkar mampu menyapu permukaan dindng secara menyeluruh dan meng-agitasi sebagian besar batch cairan melalui kontak fisik.

    Dinding pencakar atau scraper dapat dipasang pada baling impeller jangkar yang berfungsi untuk meningkatkan perpindahan panas melalui dinding tangki pengolahan dan mencegah tidak lengketnya atau menempelnya produk yang tidak teraduk pada dinding tanki.

    Pengaduk jenis jangkar ini digunaka untuk piskositas tinggi antara 5000  sampai dengan 100.000 cP.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI