Friday 3 November 2017

PROSES PENYALUTAN TABLET MENGGUNAKAN MESIN COATING

Industri farmasi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Alat farmasipun semakin banyak diterapkannya teknologi-teknologi canggih guna untuk memaksimalkan kapasitas produksi. Pada kesempatan ini saya menjelaskan mesin yang digunakan untuk proses coating atau pelapisan pada obat yang berbentuk tablet atau caplet dan sejenisnya. Proses coating atau pelasisan sering orang farmasi meneybutnya proses penyalutan.


(mesin coating film made in brt-indonesia)
Proses penyalutan dilakukan terhadap beberapa sediaan tablet. Tablet salut yang diproduksi salahsatu perusahaan farmasi milik BUMN memiliki dua jenis, yaitu tablet salut film dan teblet salut gula.


1. Tablet Salut Gula
Proes pembuatan tablet salut gula terdiri dari 4 tahap yaiut :

  • Protecting : Pada awal proses penyalutan, tablet inti akan mengalami penyalutan awal yang disebut dengan protecting, dengan tujuan untuk melakukan proteksi terhadap tablet inti. Bahan yang biasa digunakan adalah larutan Shellac. Proses selanjutnya adalah mengeringkan tablet inti yang telah terproteksi tersebut ke dalam dehumidifier dengan suhu 40 C selama 17 jam.
  • Sub Coating : Untuk menambah bobot tablet, biasanya menggunakan Magnesii Oxydum Talc. Setelah proses sub coating tablet kembali dikeringkan di dalam dehumudifier dengan suhu 40 °C selama 17 jam.
  • Coating/Coloring : Tablet yang telah kering kemudian dilakukan coating/coloring yaitu dengan membahasi tablet menggunakan larutan gula, pengawet dan pewarna sampai diperoleh bentuk tablet dengan permukaan yang halus dengan pewarnaan yang merata. Setelah proses coating. Tablet dikeringkan didalam dehumidifier dedengan suhu 40°C selama 17 jam.
  • Tahap akhir adalah proses polishing, biasanya menggunakan polishing wax untuk memberikan warna yang mengkilap dari tablet salut dan pengeringan dilakukan kembali dengan suhu 40°C selama 17 jam. Setelah seluruh proses selesai tahap seleksi dilakukan secara manual (Visual pada meja kaca) dan dengan mesin kemudian dilakukan IPC

(sumber : cnjianpai)


2. Tablet Salut Film
prosesnya lebih sederhana dengan efisiensi waktu yang lebih baik. Proses penyalutan film hanya terdiri dari dua tahap, yakni pada tablet inti dilakukan spraying dan dilanjutkan dengan polishing. Setelah penyalutan dilakukan seleksi untuk memeriksa kualitas penyalutan. Produk yang terseleksi dengan baik kemudian dikirim ke karantina menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.


proses spray coating
(sumber : unipharmach)
Oke gan penjelasan proses mesin coating saya cukupkan sekian. BRT adalah salahsatu workshop yang berdiri cukup lama yang bergerak dibidang fabrikasi dan manufaktur alat-alat atau mesin industri food dan farmasi. Untuk konsultasi dan pemesanan mesin coating silahkan hubungi kontak kami.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI