Saturday 4 November 2017

PEMBUATAN SEDIAAN KAPSUL, KRIM, CAIRAN DAN SYRUP DENGAN CONTOH MESINNYA

A. PEMBUATAN SEDIAAN KAPSUL

Proses pembuatan kapsul dilakuakn dengan metode granulasi. Granul yang terbentuk dibawa ke KIP untuk dilakukan pemeriksaan oleh IPC setelah memenuhi syarat dibawa lagi ke ruang produksi kapsul untuk dilakukan filling kapsul menggunakan mesin bosch dengan metode punches and dies. Kapsul yang terbentuk dulakukan polishing kemudian dibawa ke KIP untuk dilakukan pengujian oleh IP. 

Berikut conroh mesin oscillating granulator untuk proses granu basah ataupun granul kering. Mesh yang didalanya bisa si ganti sesuai kehalusan granul yang diinginkan.


(mesin oscillating granulator)

Mesin ini sangat banyak digunakan  di industri farmasi dan laboratorium penelitian industri farmasi, makan, minuman dan kimia. Mesin Oscillating granulator didesign sesuai standar GMP dimana material yang kontak langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak kontak produk menggunakan bahan SS304.

Adapun cara kerjanya adalah produk dimasukan dari atas melalui hopper dan bahan jatuh pada lades rotor atau blade kemudian product akan hancur dengan cara digerus oleh lades putaran rotor bentuk silinder yang bersentuhan terhadap mesh dengan ukuran mesh atau perforated plate dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tepi pisau dipasang pada rotor, pengecilan particel berlangsung dan melalui saringan material kemudian didorong dan dikeluarkan melalui outlet product.

B. PEMBUATAN SEDIAAN KRIM

Produk krim dibuat dari fase air dan fase minyak yang terlebih dahulu dilakukan peleburan. Kedua fase dimixing dengan mesin planetray mixing pada suhu 35 - 40 derajat celsius sampai terbentuk basis krim. Zat aktif dicampur kesedikit basis dilumpang sampai homogen. Selanjutnya zat aktf dimixing kembali ke dalam basis kemudian dilakukan pengujian. Setelah memenuhi syarat dibawa kembali ke ruang produksi untuk dilakukan ke filling tube.

Berikut contoh mesin untuk proses pembutan salep di industri farmasi.
(mesin planetari mixer salep made in BRT)
Mesin Planetari Mixer Cream salep berfungsi sebagai mesin pencampur dan pengaaduk bahan yang bersifat kental. Mesin Mixer Cream sering digunakan untuk operasi dasar pencampuran dalam industri farmasi. 
Cara kerja mesin :
Mesin ini memiliki cakupan dua bilah Scraper, Agitator Blades dan Shear Blades yang berputar pada satu sumbu dengan putaran berlawanan arah dan masing-masing memiliki kecepatan putaran yang berbeda. Scraper berfungsi untuk menyapu bahan yang menempel pada bagia dinding kemudian membawanya kembali kearah agitator blades dengan putaran berlawanan, kecepatannya 3 kali lebih rendah dari puataran agitator blades.

Agitator blades berfungsi untuk mengaduk bahan yang bersifat semi padat. Sedangkan fungsi dari Shear Blades adalah bahan yang masuk ke Shear Blades akan dipecah dan dipaksa keluar melalui kisi-kisi stator dengan kecepatan putaran tinggi, sehingga pencampuran akan lebih homogen.

Berikut adalah contoh mesin filling cream yang akan dimasukan ke tube


 

C. PEMBUATAN SEDIAAN CAIR

Bahan aktif dan bahan tambahan dilakukan proses mixing dalam sebuah tanki sampai homogen. Kemudia dilakukan sampling ke produksi cairan untuk dilakukan pemeriksaan oleh PIC. Setelah memenuhi syarat, kamudian melakukan proses filling ke wadah botol. Selama proses filling dilakukan pengecekan keseragaman volume setiap 30 menit kemudian dilakukan capping.
Berikut adalah control tanki mixing untuk proses mixing cairan atau liquid


D. PMBUATAN SEDIAAN STERIL (INJEKSI)

Produk steril dibuat pada kondisi yang terkendali dan dipantau dengan teliti. Oleh krena itu untuk membuat sediaan steril diperlukan suatu ruangan terpisah dari rancangan bangunan dan kontruksi khusus. Tekanan udara didalam ruangan lwbih tinggi dari ruangan sekitarnya untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang.


E. PENGOLAHAN AIR PRODUKSI

Pengolahan air yang akan digunakan oleh bagian produksi berada dibawah tanggung jawab bagian produksi itu sendiri. Air yang dihasilkan dari proses pengolahan ini akan digunakan untuk pembuatan sediaan cairan, pembuatan injeksi dan pencucian wadah seperti botol, tutup botol, dan ampul.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI