Tuesday 26 September 2017

FLUID BAD DRYER | FBD KAPASITAS 10 kg

Mesin Fluid Bad Dryer adalah sistem pengeringan yang lebih sesuai diperuntukan bagi bahan/ material yang bobotnya relatif ringan (bentuknya dapat berupa bubuk/tepung, kristal, granular dan sebagainya) dengan mekanisme pengeringan secara umum adalah sebagai berikut. 

Bahan/ Material yang akan dikeringkan dimasukan secara konstan dan kontinyu kedalam ruang pengering kemudian didorong oleh udara panas yang terkontrol dengan volume dan tekanan tertentu, selanjutnya bagi bahan/material yang telah kering (karena bobotnya sudah lebih ringan) akan keluar dari ruang pengeringan menuju siklon untuk ditangkap dan dipisahkan dari udara, namun bagi material yang halus akan ditangkap oleh pulsejet filter bag.

Sebagian besar industri farmasi dengan produk obat-obatan yang harus memiliki kontaminan tinggi dengan udara adalah hal yang diwajibkan untuk menghindari kontaminasi udara luar. Nah dalam proses tahapan pengeringan sebuah produk industri farmasi menggunakan mesin FBD atau Fluid Bade Dryer. Berikut Foto penampakan mesin FBD di bagian dalam ruangan.



Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam sistem Fluid Bed Dryer adalah pengaturan yang baik antara tekanan udara, tingkat perpindahan panas, dan waktu pengeringan sehingga tidak timbul benturan/gesekan bahan/material pada saat proses pengeringan berlangsung.
Berikut Spesifikasi untuk mesin FBD dengan kapasitas 10 kg
  1. Motor Blower : menggunakan Merk teco dengan power 4kW/5,5HP 2800 rpm 380V/50Hz. putaran motor diteruskan menggunakan Pully + V-belt.

  2. Rumah Blower : menggunakan bahan Mild steel. Blower yang digunakan type impeller centri fugal dengan bahan Mild Steel.

  3. Dumper : berfungsi sebagai pengatur tekanan udara yang keluar dari ruang pengeringan. Dumper ini menggunakan butterflay valev denga type DIN 150. Dumper digeralan oleh sebuah pneumatik

     
  4. Rumah Filter : terbuat dari bahan Mild Steel dengan kontruksi souble jacket. karena system pemanasnya menggunakan heater maka rumah filter ini dilengkapi dengan insulating rok wool untuk menaha panas yang keluar dari rumah filter. Posisi rumah filter terletak dibawah blower

  5. Dudukan Filter bag : terbuat dari bahan SS304 dengan bentuk ring yang melingkar. posisinya tepat berada di tabung paling atas yang akan dikoneksikan pada lengan pnematik.

  6. Shaking : Proses shaking dilakukan pada saat terjadi atau mencegah terjadinya bloking pada filter bag. proses shaking bisa disetting secara manual dan otomatis yang di atus pada kontrol panel. penggerak proses shaking naik turun menggunakan system pneumatic. Penumatik yang dipakai mekr festo dengan stick 150 mm. 

  7. Engsel bushing : Berfungsi sebagai engsel untuk menarik chamber atau tabng tengah saat akan memasang bag filter. bushing ini dibuat dari bahan kuningan/bronze yang tahan terhadap gesekan dan sangat dianjurkan dalam perencanaan yang memliki gaya gesek presisi.


     
  8. Seal : menggunakan bahan yang taha terhadap panas yaitu salahsatunya sela yang berbahan piton. posisi sela berada di posisi tabung atas, tengah, bawah dan pada chamber.

  9. Sight Glass / kaca penduga : menggunakan bahan akrilik dengan ketebalan 10 mm. posisinya berada pada tabung atas, tabung tengah dan chamber. kita bisa melihat proses yang terjadi saat mesin FBD beroperasi dengan cara melihat atau mengitip melalui kaca penduga tersebut.

  10. Panel Control : berfungsi sebagai pengatur atau control dari mesin FBD ini.
  11. Alat listrik kontrol panel


     
Spesifikasi alat listrik :
  • NFB 3 Phase 50 Amper merk Mitsubishi 1bh
  • MCB 1 Phase 4 Amper merk Hager 1bh
  • Kontactor merk Mitsuboshi 3bh
  • Overload merk Mitsubishi 1bh
  • Power lamp :
    - warna merah diameter 12 merk Hanyoung 1bh
    - warna kuning diameter 12 merk Hanyoung 1bh
    - warna hijau diameter 12merk Hanyoung 4bh
    - Selector Switch diameter 12 merk Hanyoung 6bh
    - Emergency stop diameter 12merk Hanyoubg 1bh
  • Temperatur Control merk Autonics 3bh
  • Program control
  • Air Solenoid valve merk festo.
 

Dicukupkan sekian untuk pembahasan mesin FBD dengan kapasitas 10 kg, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin ditanyakan silahkan saja untuk berkomentar pada kolom yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami yang ada di teks slide, Untuk cek harga mesin silahkan lihat di bawah.
Download Penawaran

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI