Friday 9 June 2017

INDOCOTA COATING FILM

Mesin Indocota Coating Film diciptakan dengan menggunakan teknologi mutahir cara pelapisan dengan menggunakan spray gun. Hasilnya melalui satu tahap proses dimana merupakan gabungan/ kombinasi dari proses pencampuran liquid, di pompa melalui spray gun dengan suhu dan kondisi tertentu.

Untuk memahami dunia mesin industri farmasi memang tidak seperti mengedipkan mata, butuh ketelatenan dan ketekunan dalam memahami segalnya termasuk memahami ilmu dunia mesin industri farmasi. Banyak pembuatan atau pabkrikasi alat-alat dan mesin untuk kebutuhan industri farmasi di Indonesia yang memang notabene merupakan spesialis stainliss steel bersertifikat. Di minggu kemari kami dapatkan orderan berupa mesin Coating film untuk sebuah perusahan yang baru merintis yang bergerak di bidang farmasi, maka dari itu postingan kali ini admin akan membahas tentang mesin coating film dengan kapasitas 60 kg.


Secara singkat proses Mesin Indocota Coating Film kapasitas 60 kg dapat dijelaskan sebagai berikut : Volume udara yang dibutuhkan umumnya diambil dari area kerja, kemudian dilewatkan melalui saringan awal (Pre Filter), medium filter, hepa filter dan terakhir Exchanger (sumber pemanas). Sebelum masuk chamber product, tablet/ caplet yang akan dilapis/ coating ditimbang/ dicek sesuai kebutuhan dan baru masuk ke chamber product.


Udara bersih dilewatkan melalui ducting ke bagian atas, dengan demikian akan terjadi aglomerasi dengan adanya zat pengikat yang digunakan untuk pelapisan/ coating.

Bagian-bagian penting yang termasuk tambahan :

1. Control Temperature automatic untuk monitoring temperature
2. Pengaturan volume udara dikontrol dengan damper
3. Control liquid dengan peristaltic pump untuk proses penyemprotan


Untuk proses penyemprotan digunakan dua buah spray gun yang dipasang tepat ditengah-tengah Chamber pengering. Spray gun bisa di atur kearah vertical dan horizontal yang ditransfer melalui sebuah selang silicone dengan tekanan dari pompa peristaltic yang dapat diatur kapasitasnya dengan mengatur kecepatan putaran.


Bahan yang dilapis, yang mungkin terdiri dari satu atau lebih material yang dimasukan kedalam tanki homogen mixer. Kemudaian temperature udara yang masuk diatur antara 50-70oC agar selama waktu penyemprotan produk proses pengeringan menjadi singkat, terkecuali bila penyemprotan dilakukan dengan menggunakan pelarut organic, maka temperature diatur serendah mungkin.





Perlengkapan dari mesin coating film ini memang sangat banyak itemnya seperti : 
- Mesin Coating
- Tanki Mixer liquid klik disini
- Pompa peristaltic klik disini
- Spray Gun
- Motor Blower
- Filter Pre, Medium dan Hepa
- Heater atau exchanger
- Blower inlet
- Blower outlet

Coating film terdiri dari beberapa alat diantaranya adalah Mesin ruang coating itu sendiri, Inlet filter, Outlet filter, Pompa Peristaltik dan tangki mxing liquid. Ke empat alat ini merupakan satu keatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam proses coating. Yang menjadi parameter dalam proses pelapisan produk yang akan di coating diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Jarak spray gun dengan bed tablet
  • Atomizing dan pattern air
  • Pan pressure (tekanan pan coating)
  • Pan speed (kecepatan pan coating)
  • Spray rate
  • Temperature inlet air
  • Temperatur outlet air
  • Kecepatan evaporasi solvent
  • Volume partikel penyemprotan
  • Humiditas
  • Total kapasitas pengeringan
  • Total Volume udara
  • Adhesion of particles to the gun surface
  • Aliran peristaltic pump
  • Kecepatan dan lamanya penyemprotan

A. Ruang Coating

Ruang coating merupakan area dimana produk tersbut disimpan disebuah chamber yang berputar dengan kontruksi chamber berbentuk kerucut menggunakan material perforated plat. Suhu diruang coating disetting sesuao kebutuhna 



B. Pompa Peristaltik

Pompa peristaltik adalah alat yang digunakan untuk mentrasfer liquid atau cairan dengan volume yang konstant. Prinsip kerja pompa ini adalah fluida dipindahkanmelalui tubing atau selang yang ditekan. Fluida masuk ke lubang suction sehingga terjadi keadaan vacuum karena tubing atau selang ditekan oleh bagian pompa yang disebut roller.

 

C. Tanki Mixing Liquid

Tanki mixing liquid berfungsi untuk mencampur/ memixing cairan atau liquid yang akan dijadikan sebagai bahan coating terhadap caplet/tablet. Tanki ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunaka bahan SS316L dan yang tidak beriteraksi langsung dengan prosuk menggunakan bahan SS304

 

D. INLET AIR

Inlet air merupakan peran penting dalam mensupply udara bersih menuju ruang coating dengan suhu tertentu. Susunan pada inlet air diantarnya pre filter, motor blower, Medium filter, Hepa filter dan exchanger. cara kerja inlet air adalah blower meniupkan udara yang sudah disaring oleh prefilter menuju medium filter kemudian melewati hepa filter dan melewati exchanger (menanas udara) langsung menuju ruang coating. Udara yang masuk ke ruang coating diatur oleh damper. Ranka body dari Inlet Air terbuat dari palt SS304 yang ditutup secara kedap untuk mengindari kebocoran udara.


E. OUTLET AIR

Untuk Outlet Air biasanya menggunakan system BIBO (Bag In Bag Out) jika perusahaan tersebut merupakan produksi bahan kimia yang berbahaya. BIBO atau Bag In Bag Out adalah rumah filter dibuat serta dielngkapi dengan pembungkus kantong plastik yang didesign khusus untuk keluar masuk filter secara sistematik dalam keadaan terbungkus plastik agar tidak mengkontaminasi udara lepas pada ruangan dan menjaga operator.


Didalam outlet air juga terdapat blower yang berfungsi untuk menarik udara dari ruang coating kemudian udara tersebut melewati pre filter, medium filter dan terakhir adalah hepa filter. Ranka body dari outlet filter terbuat dari palt SS304 yang ditutup secara kedap untuk mengindari kebocoran udara yang dapat mencemari ruangan ataupun udara luar.

pembahasan seputar coating film dengan kapasitas 60 kg dicukupkan sekian dulu, jika ada pertanyaa atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan untuk berkometar saja. Untuk cek harga silahkan lihat di bawah, Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI