Monday 2 October 2017

POMPA PERISTALTIK KELENGKAPAN COATING FILM

Alat ini merupakai bagian dari mesin indocota coting film yang difungsikan sebagai alat untuk mentrasfer aliran liquid dari tanki mixing menuju ruang coating yang akan di semprotkan dengan spray gun, Alat ini dinamakan pompa persiltaltik. Kali ini saya akan membahas tentang spesifikasi dari pompa peristaltik yang digunakan sebagai pelengkap mesin coating film dengan sekala produksi.

Pompa peristaltik adalah alat yang digunakan untuk mentrasfer liquid atau cairan dengan volume yang konstant. Prinsip kerja pompa ini adalah fluida dipindahkanmelalui tubing atau selang yang ditekan. Fluida masuk ke lubang suction sehingga terjadi keadaan vacuum karena tubing atau selang ditekan oleh bagian pompa yang disebut roller.
Tekanan pada tubing atau selang ini mengakibatkan lubang hisap vacuum fluida terhisap. Kemudian fluida tersebut ditekan dilubang keluar (discharge)

Adapun sifat-sifat yang dimiliki pompa peristaltic sebagai berikut :
  • Memiliki kapasitas kecil sampai sedang
  • Tekanan yang dihasilka kecil
  • Memiliki kemampuan menangani fluida yang bersifat solid
  • Tidak dibutuhkan sistem seal
  • Fluida yang ditangan  tidak bersentuhan dengan mekanisme pompa karena fluida hanya bersinggungan tubung atau selang sehingga tidak menimbulkan kontaminasi cairan.
  • Memiliki denyutan aliran yang tinggi
(sumber : netzsch training book, 2012)
Spesisikasi pompa peristaltik :
  • Motor penggerak : Menggunakan type gear motor merk Pie Moger dengan power 90 watt ratio 1:60. dilengkapi dengan variable speed untuk mengatur kecepatan putaran gear motor.

  • Rangka /rumah pompa : menggunakan plat tekuk SS304 dengan tebal 1.5mm, dibentuk sedemikian rupa sesuai standar farmasi agar tidak menyimpan debu maka body dibuat menyudut atau miring.
     

  • Body Peristaltik : menggunakan bahan Hard Nylon berwarna black, Tubing atau selang menggunakan bahan Silikon food grade, Ring SS304, Roller menggunakan bahan Hard Nylon.


  • Air Regulator : menggunakan merk festo 0 - 16 bar, berfungsi sebagai pengatur masuknya udara bertekanan menuju spray gun yang akan di satukan dengan aliran liquid dari pomp aperistaltik menuju ruang coating.


Ok gan untuk pembahasan pompa peristaltik saya cukupkan sekian, jika ada yang ingin ditanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan saja berkomentar pada kolom yang sudah disediakan siapa tahu kita bisa bantu. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI