Friday 8 September 2017

MESIN COATING PAN

Mesin Coating Pan adalah sebuaah alat farmasi yang berfungsi untuk melapisi sebuah product berupa tablet atau caplet dengan proses spray (proses teknologi canggih) atau pun dengan cara manual. Kali ini saya akan mebagi sedikit pengalaman tentang mesin coating pan manual yang sampai saat ini pun masih ada yang menggunakannya di pabrik farmasi.



Banyak type dan model mesin coating, mulai dari yang super canggih sampai yang masih manual. Untuk di jadikan catatan bahwa tentang mesin ini yang perlu kita perhatika adalah sebagai berikut.
  1. Kecepatan coating pan atau yang disebut Bowel Coating.
    Parameter iniberfungsi untuk mengatur kecepatan chamber, semakin cepat perputaran chamber maka core tablet akan semakin cepat bersentuhan dengan larutan coating. Hal yang perlu diperhatukan adalah tingkat friability dari core tablet, flow rate larutan coating dan suhu.
  2. Flow rate spray gan / larutan coating.
    Pastikan spray pattern dari larutan tidak ada overlap, ini penting untuk menghindari sebagian tablet yang lebih banyak terkena larutan coating sehingga bisa menyebabkan ketebalan coating tablet terlalubervariasi. Pastikan juga tekanan angin yang digunakan cukup atau paling tidak sesuai dengan spesifikasi dari alat spray gun-nya. kemudian jangan sampai ada tetesan larutan coating saat spray gun dimatikan. Jika kita menggunakan lebih dari satu spray gun pstikan flow rate dari kedua spray gun tidak lebih dari 5%. Perhatikan dan observasi juga metode pembersihan dari nozzle spray gun.
  3. Air Flow input-output.
    Dari udara input dan output merupakan parameter yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mesin-mesin yang sudah canggih tentunya sudah dilengkapi dengan perangkat untuk menyesuaikan yang dilakukan pada system pengaturan. Untuk penggunaan mesin yang belum moderen bisa kita ukur sendiri dengan alat yang sesuai. Prinsipnya haru ada negatif pressure di chamber coating. Udara yang keluar harus lebih besar CFM-nya dari udara yang masuk. Untuk perbandingannya bisa berbeda-beda, tergantung dari proses yang dibutuhkan. Mungkin acuan selisih 20-40% lebih besar outputnya bisa dipertimbangkan.
  4. Suhu inlet-outlet dan product.
    Parameter ini berfungsi untuk menetukan seberapa cepat larutan coating yang sudah menempel pada core tablet terkeringnya. Mesin yang sudah canggig pasti tentunya sudah dilengkapi dengan semua instrument danperangkat untuk melakukan setting dan adjust parameter ini. Mesin-mesin jaman dulu biasanya hanya dilengkapi onlet outlet saja tanpa ada product. Solusinya adalah menggunakan infrared thermometer yang sudah dikalibrasi untuk pengukurannya.
Perlu diketahui juga bagian bagian mesin coating pan pada prinsipnya kita tahu komponen mesin coating berikut saya ulas:
  • Chamber : sebagai wadah dalam proses coating. Chamber ini memiliki beberapa ukuran sesuai kapasitas yang akan di proses mulai dari yang kecil sampai yang ukuran besar.

  • Pompa peristaltik / peristaltic pump : memiliki prinsip kerja berdasarkan tekanan dan perpindahan. Fungsi utama alat ini adalah untuk pompa cairan melalui tabung. Pompa peristatik ini adalah suatu alat yang paling umum digunakan untuk memompa cairan terutama dalam bidang medis. karena mekanisme kerja peristaltik pump tidak pernah bersentuhan langsung dengan cairan, sehingga alat ini sangat bermanfaat terutama dalam situasi dimana cairan harus benar benar steril.

  • Dudukan Shaft Chamber : berfungsi sebagai tempat dudukan chamber. putaran shaft bersumber dari motor penggerak yang memiliki varibale speed, jadi putaran motor dapat diatur sesuai kebutuhan.

  • Blower Suction : berfungsi untuk menyedot udara yang ditiupkan oleh blower terhadapt coating chamber.

  • Blower untuk blow/meniup chamber coating. : berfungsi untuk meniup tablet saat proses sprai agar tablet yangsedangdicoatin gcepat kering. blower penium ini dilengkapi dengan valve untuk mengatur besar kecilnya tembakan udara terhadapt tablet.

     
  • Filter bag Exhaust : berfungsi sebagai saringan udara agar tidak tercemr keluar secara langsung dari udara coating yang sedang proses. posisi filter bag ini berada do bawah mesin.

  • Roda : mesin coating in idilengkapi dengan roda untuk memudahkan moveble/ bisa pindah pindah tempat.

  • Control panel




Saya cukupkan sekian pembahasan mesin coating pan yang akan dimodifikasi, jika ada pertanyaan atau shearing silahkan berkomentar saja atau hubungi alamat email yang ada di teks slide. Semoga artikel ini bermanfaat. salam sehat 

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI