Saturday 5 August 2017

SLANT CONE MIXER

Dunia farmasi memang sangat luas sekali, apalagi dijaman modern ini mesin mesin farmasi yang diciptakannya semakin canggih  untuk menunjang kebutuhan industri yang begitu pesat dalam menjalannkan Visi dan Misi nya dari setiap perushaan khususnya perushaan farmasi. Baik sobat untuk artikel yang dibuat sekarang saya akan berbagi pengalaman tentang mesin Slan Cone Mixer.


Slant Cone Mixer fungsinya hampir sama dengan Double Cone Mixer yang sudah saya jelaskan di artikel Kumpulan Mesin Farmasi yaitu untuk mengaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu rempah-rempah dan obat obatan yan berbentuk serbuk / tepung (powder) atau granul kering. Cara kerja Mesin Slant Mixer ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber akan diaduk dengan cara memutarkan chamber dengan keceparan putaran yang diinginkan, sehingga pencampuran bahan - bahan yang diaduk akan homogen. Kecepatan putaran chamber dapat di atur sesuai kebutuhan karena dilengkapi denga Variable Speed.

Sebelum dipasang di tempat Customer saya perlihatkan dulu foto saat pembuatan di workshoop kami ini dia penampakannya lumayan kusam karena memang bagian luarnya belum kami buka tutup stainless steel bawaan dari suplier biar tidak lecet sih sebenernnya makanya tidak kita buka.


Mesin Slant Cone Mixer biasanya dilengkapi dengan safety pagar auto sensor/limit switch untuk keamanan operator. Dimana saat kondisi pagar tida kterkunci maka mesin secara otomatis tidak dapat dioperasikan. Mesin ini juga didesign sesuai kebutuhan GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahan SS304.

Seakrang akan saya paparkan mengenai spesifikasi dari Mesin Slant Cone Mixer ini.
  1. Chamber : berfungsi sebagai penampung produk juga sebagai ruang dimana nanti akan diaduk dengan cara berputar. Material yang digunakan adalah SS316L dengan ketebalan 3mm. Adapun dimensi atau ukuran yang dibuat kurang lebih diameter 850 mm dengan ketinggian 1800 mm. Dibagian chamber terdapat Manhole dengan diamer 400 mm

     
  2. Buterflay Valve : Berfungsi sebagai output product yaitu untuk mengeluarkan produk setelah proses blading selsai. Butterflay valev berdiamer 5" atau 125 mm dengan bahan SS316L merk yang saya pake kemarin jika tidak salah Merk SPV.

  3. Shaft Bearing dibuat secara terpisah untuk memudahkan saat pembongkaran nanti jika sudah dipake lama bearingnya harus diganti agar putarannya tetap stabil. Diamter shaft lengan untuk penopang chamber yaitu 120 mm. Bearing yang di pake berukuran diamer 100 mm merknya pake SKF biar tahan lama dan awet. 

  4. Pagar Safety Auto Sensor : Berfungsi sebagai pengamanan atau safety untuk para operator yang bekerja menjalankan mesin ini. Nah jika pagar berlum terkunci rapat maka mesin ini secara otomatis tidak akan berjalan alias tetap diam. Oleh karena itu utakanlah keselamtan dalam setiap aktipitas. Pagar ini dibuat dari bahan pipa SS304

  5. Tangga untuk memudahkan para operator memasukan bahan yang akan di blanding. memiliki 4 anak tangga dan 1 pijakan utama di atas untuk operator berdiri memasukan bahan. 

  6. Transmisi penggerak : berfungsi sebagai penggerak, mf ya sob fotonya tidak kami tayangkan kemarin saya lupa mendokumentasikan karena sudah tercover oleh plat stainless steel. transmisinya sama persis seperti yang sudah di jelaskan di Mesin Double Cone Mixer silahkan lihat saja. begitupun spesifikasi yang dipakai hampir sama seperti gearbox, motor dan rantai.

  7. Untuk rangka dari mesin menggunakan UNP 75 Mild Steel yang dicover menggunakan Plat Stainless Steel 304 dengan finishing Hair Line.
  8. Control Panel berikut fotonya.



Keterangan  dan langkah kerja :
  • Switch Power : Putar Switch Power ke posisi On (kanan) maka indicator lamp "Power" akan menyala (red) dan mesin siap dioperasikan
  • Switch Timer : Putar Switc ke posisi On (kanan) maka indicator lamp "timer  on" akan menyala (green), kemudain setting timmer sesuai kebutuhan maka mesin akan mati secara otomatis jika waktu yang di setting telah tercapat.
  • Push Button Start : tekan Push Button Start, lampu indicator "motor run" akan menyala dan motor akan mulai menggerakan chamber
  • Push Button Stop :  tekan Push Button Stop, lampu indicator "motor run" akan mati dan motor akan mulai berhenti berputar
  • Push Button Inching : berfungsi untuk putaran manual mengarahkan mulut chamber terhadap operator saat product akan dimasukan.
  • Switch V.R : Jika Switch V.R diputar searah jarum jam maka kecepatan putaran chamber akan bertambah dan sebaliknya jika Switch V.R diputar berlawanan arah maka putaran chamber akan berkurang.
  • Emergency Stop : Tekan  Emergency Stop dalam keadaan darutar maka semua aliran listrik akan terputus dan mesin
  • Display Pulse Meter : Menampilkan kecepatan putaran dalam bentuk angka digital.
  • Timer : untuk mengatur liftime mesin dengan tampilan digital.
Oke gan untuk pengenalan Mesin Slant Cone Mixer saya cukupkan sekian. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan berkomentar saja pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesana barang silahkan hubungi kontak kami. semoga artikel ini bermnafaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI