Thursday 8 June 2017

MESIN PIN MILL

PIN MILL / Mesin Grinding Tepung adalah mesin yang berfungsi sebagai penghalus produk dari bentuk biji-bijian atau granul kering menjadi bentuk powder/tepung dengan tingkat kehalusan yang dapat diatur sesuai mesh yang digunakanAlat ini terbuat dari bahan food grade standar GMP dimana untuk material yang berinteraksi langsung menggunakan bahan SS 316L dan untuk yang tidak bersentuhan langsung  menggunakan SS 304.


Sudah dijelaskan pada Kumpulan Mesin Farmasi Cara kerja Mesin ini ialah rotor dengan kecepatan tinggi akan memutar balde pemukul disepanjang lintasannya hingga menghancurkan produk yang ada didalamnya. Bahan yang masuk akan terpukul oleh balde yang berputar dan bertumbukan dengan dinding, akibatnya terjadi pemcahan bahan yang hancur berkeping keping. Proses ini berlangsung terus menerus hingga mendapatkan bentuk bahan yang dapat lolos dari mesh yang terdapat dibagian bawah.


Pengenalan Bagian utama dari mesin Pin Mill akan saya paparkan satu persatu sbb:

Hosunging Grinding :  adalah bagian dari pada rumah grinding saat beroperasi semua bahan akan dimasukan pada rumah grinding. Platnya terbuat dari bahan SS316L dengan ketebalan 4mm  Berikut fotonya gan.



Plat Pin Mill : adalah bagia yan gberfungsi untuk menggerus atau mematahkab prosuk yang melewatinya. Plat ini dilas Pada bagian Tutup dan pada Bagian Housingnya. ketebalannya kurang lebih 10mm. Berikut fotonya gan.




Electro Motor : Sebagai penggerak utama dengan menggunakan kapasitas 3HP 1400 rpm 220/380V 50Hz dengan Merk Electrim Type Montid. Tuh gan posisinya gk akan keliatan karena sudah ditutup plat SS yang ada bolong bolongnya hehe. Kemarin pengambilan Fotonya agak telat jadi motornya sudah tertutup deh. yang penting kita sudah tau spek powernya barangkali ada yang munat mw bkin misi ini ya tinggal pake tuh spek motor yang di inginkan.


Pulley Penggerak : Sebagai penerus putaran dari motor so pasti sobat semua sudah tau fungsinya ya. ukurannya menggunakan Pulty Type B3 diameter 4 in. dan di bagian motor juga sama pulinya menggnakan B3 diameter 4 in. jadi putarannya satu banding satu alias sama. berikut penampakan pulley-nya gan.

Switch Control : adalah sebuah alat electrik yang berfungsi untuk sebagai switch on/off mesin. dimana cara kerjanya adalah jika tutup Mesin  Pin Mill terbuka maka mesin tidak akan berjalan, sebaliknya jika kodisi mesin sudah tertutup rapat maka mesin akan bisa dijalankan. Liat gan posisinya ada dibagian tengah warna putih yangada kabel hitamnya gan.



Saya akan coba jelaskan dari mulai spesifikasi material sampai dengan alat listrik yang terdapat pada control panel untuk pengoperasiannya adalah sebagai berikut :

1. Spesifikasi material :


ITEM
SPESIFIKASI
Material Meja Grinding
Mild Steel
Material Cover Meja Grinding
SS304 #1.5mm
Material Rumah Grinding
SS316L #6mm
Material Tutup Grinding
SS316L #6mm
Material Hoper Inlet
SS316L #1.5mm
Material Tutup Hoper
SS316L #1.5mm
Material Corong Outlet
SS316L #1.5mm
Material Kaki
Hollow 60x60 SS304
Material Box Panel
SS304 #1.5mm

2. Power dan aksesoris :


ITEM
SPESIFIKASI
Motor Penggerak
Merk MEZ
3 Phase 380/660V
5HP, 2950 rpm
945rpm/1400rpm
Pully
2bh Type A2 Æ6” + Æ3”
V-belt
2bh Kode A53
Mesh
Perforated Æ1.2 #2mm

3. Alat Listrik Pada Control Panel
Pada setiap mesin yan bergerak dengan menggunakan listrik pas gan akan ada kontrol panelnya. Tuh liat gan dibawah yang ada tombol warna ijo, merah dan kuning.



Berikut saya juga akan paparkan alat listrik yang ada didalam control panel sebagai pengenalan saja ya sob, karena setiap pengoperasian pada mesin itu beda beda. Alat listrik atau komponen listrik yang diperlukan.



ITEM
SPESIFIKASI
MCB
-   3Phase 32 Amper
-   1Phase 2 Amper
Merk Mitsubishi
Relay
2bh Model MY4GS 220/240V
Merk Omron
Contactor
Model SN-35
Merk mitsubishi
Over Load
Model TH-N20
Merk Mitsubishi
Terminal
20 Amper
Lampu Indicator
1bh Merah diameter 22
1bh Kuning diameter 22  
1bh Hijau diameter 22
Selector Switch
2bh Æ22 Merk Hanyoung
E. Stop
Auspicious

Penjelasan di atas sengaja saya sebutkan juga merk biar anda semua mudah untuk mengetahui dan membeli kebutuhan barang tersebut di toko tersekat. Untuk sementara saya cukupkan sekian postingnya, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada hal lain yang ingi disampaikan silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan barang silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.


Baca juga Mesin Oscilating granulator 

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI