Wednesday 6 September 2017

CARA MEMBUAT TANKI DOUBLE JACKET

Masih di dunia kumpulan mesin farmasi, dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara pembuatan tanki double jacket yang sering kita jumpai di pabrik-pabrik khusunya farmasi dan baverages, sobat sekalian mungkin ada yang tahu dan ada juga yang belum tahu tentang tanki double jacket ini. Oke saya akan jelaskan dulu fungsi dan kegunaan dari tangki double jacket secara umum.


Tanki Double jacket adalah tanki yang didesign untuk kebutuhan tertentu seperti untuk penampungan, mixing, sirkulation dan lainya yang membutuhan ketetapan suhu didalamnya untuk produk tertentu yang harus menjaga kesetabilan produk maka dipakailah system pemanas atau dengan menggunakan system pendingin sehingga tanki nya harus didesign double jacket untuk menjaga kesetabilan suhu produk didalam dan juga sebagai pelindung panas bagi operator.




Oke gan kita langsung aja praktekan yah cara pembuatan tanki double jacket berikut, simak baik baik
  1. Tanki dari plat tebal 2mm materialnya SS316L sudah disipakan terlebihdahulu dengan proses roll dan dilas kemudian difinishing bagian dalamnya dengan menggunakan mesin poleshing. karena bagian dalam tanki akan kontak dengan produk maka permukaan bagian dalam harus dipolesh secara halus sampai permukaan terlihat mirror.


  2. Tutup bagian atas yang nantinya akan dilas dikumplitkan dulu accecories bagian atasnya seperti Lubang Sight glas, dudukan lampu sorot, Connection Ferrule serta man hole jika sudah terpasang semua accecoriesnya kemudian jangan lupa siapkan bottom platnya juga kemudian baru kita gabungkan dengan body atau shell plate seperti tampak dibawah ini





  3. Jika sudah terpasang dan dilas dengan rata dan baik harus di tes dulu kebocorannya, jika tidak bermasakah atau tes kebocorannya lolos baru kita pasang jacketnya. Pertama sobat harus membuat setripan melingkar dibuat seperti obatnyamuk namun ofset kebawah seperti tampak foto dibawah. ketebalan plat menyesuaikan dengan kapasitas tanki, plat penguat ini menggunakan bahan SS304 dengan tebal 2mm.


  4. Jika sudah dilas bagian plat screwnya kemudian tanki dibalik dengan menggnakan bantuan handlif agar tidak berat, kenapa harus dibalik? untuk memudahkan pemasangan rockwool. nah roock wool dipasang keliling tanki secara merata seperti tampak foto berikut. jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan yah sob karena rock wool ini menganduk zat kimia yang berbahaya untuk kulit. jika terkena kulit maka kulit akan terasa gatal dan berbentol bentol (merang). kemudain gunakan tali untuk memegang rockwool saat dipasang.

     

  5. Kemudai tutuplah rockwoll dengan plat SS304 tebal 1.5mm, gunakan sabuk pengencang untuk memasang cover plat ini. jika sudah rata dan plat ujung saling bertemu baru kita las tik dlulu kemudain las rata keseluruh penutup rockwool

  6. Jika sudah selesai baru kita buka penutup Stainless Steelnya kemudia finishing bagian yang masih belum rapih untuk dipoles ulang
Oke sobat cukup mudah bukan mengetahui cara pembuatan tanki double jacket yang sering kita jumpai di pabrik-pabrik tertentu. bahkan ada yang lebih besar kapasitasnya dari yang saya posting ini. tapi untuk pembutannya pada perinsipnya tidak jauh seperti yang sudah saya paprkan diatas. saya cukupkan sekian artikelnya ya sob, jika masih kurang paham atau ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar saja atau hubungi alamat emal kami dia atas. semoga bermanfaat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI