Monday 21 August 2017

COLLOID MILL

Kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang pembuatan Mesin Colloid Mill, mungkin di artikel Kumpulan Mesin Farmasi  sudah saya jelaskan secara umum, nah untuk itu saya akan paparkan komponen utama dari mesin ini hanya sebagai pengenalan dan juga bagai mana cara pembuatan mesin tersebut dibentuk atau diciptakan dengan melihat spesifikasi yang dibutuhkan.
Mesin Colloid Mill berfungsi sebagai penggilingan, dispersi, homogenisasi, memecah aglomerat dalam pembuatan pasta makanan, emulsi, coating, salep, krim, pulp, minyak dll. Fungsi utama dari Colloid Mill ini adalah untuk memecah aglomerat atau dalam kasus emulsi untuk menghasilkan tetesan halus yang berukuran sekitar 1 Mikron





Cara kerja mesin ini adalah bahan yang akan diproses dimasukan secara gravitasi kedalam chamber, kemudian cairan ini dipaksa melewati celah yang sangat sempit diantara elemen rotor dan stator dengan aksi sentrifugal dan jalur sepiral, sehingga terjadilah gaya gesek dan gaya hydrolis tinggi. Dalam proses penggilingan ini hampir semua energi berubah menjadi energi panas akibat dari gesekan yang sangat cepat sehingga dapat meningkatkan suhu produk. Oleh karenia itu sebagaian besar Colloid Mill dilengkapi dengan jacket air untuk pendinginan bahan sebelum dan setelah melewati penggilingan. Selanjutnya produk akan dikeluarkan melalu saluran output, dimana pada bagian output ini terdapat three way valve yang berfungsi sebagai saluran output dan sirkulasi produk.

Colloid Mill ini juga didesign sesuai kebutuhan GMP dimana semua material yang kontak langsung terhadap produk menggunakan bahan SS316L dan yang tidak kontak langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.


Kita akan pelajari satu persatu mengenai komponennya yang paling penting dalam mesin ini:
  1. Rotor dan Stator : Berfungsi sebgai pisau utama dalam proses colloid yaitu menghaluskan produk dengan seuper cepat sehingga terdorong dan di alihkan dengan proses sirculasi. Akibat dari adanya gesekan antara produk dengan rotor stator dalam putaran rpm tinggi maka suhu produk akan meningkat menjadi panas, sehingga pada hoper dibutukan pendinginan dengan didesign double jacket pada corong. berukut penampakan Rotor dan Stator yang belum terpasang.

    (Rotor)
    (Stator)

  2. Rumah Rotor Stator : berfungsi sebagai dudukan rotor stator, alat ini terbuat dari bahan Stainless Steel 304 agar tidak berkarat. diameternya kurang lebih 300 mm x 290mm
    (Sebelum terpasang rotor & stator)

    (Sesudah terpasang rotor & stator)

  3. Corong /Hoper : berungsi sebagai penampung dan sirkulasi prosuk, Corong ini didesign double jacket untuk area pendinginan dan sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan SS316L dan material yang tidak kontak dengan produk menggunakan baha SS304. untuk koneksi bagian bawah mengunakan Ferrule diamter 3" agar mudah untuk bongkar pasang atau bahasa kerennya flag and flay.



  4. Rangka Body : berbentuk meja dengan menggnakan bahan Kanal C Mild Steel kemudian di cat+epoksi untuk menutupi besi dari karat. setelah di cat selanjutnya body tersebut di cover menggunakan plat SS304 dengan keebalan 1.5mm. Jika sudah ada dudukan mejanya baru kemudian kita assembling satu persatu agar kelihatan mesinnya seperti ini.

  5. Motor penggerak : Mesin ini menggunakan Electro Motor sebagai pengerak utmanya, kapasitas yang dipakai 3Phase 5HP 2800rp, 380V/50Hz dengan merk Electrim Motor.

  6. Transmisi Puly : berfungsi sebagai penerus putaran dari penggerak utama motor. Ukuran puly yang dipakai adalah 5" dan 8" dengan type B2. untuk belt nya memakai  merk Bando dan kalu ada yang memakai merk mitsuboshi tidak jadi masalah yang terpenting ukuran yang digunakan sama.

  7. Tree Way Valve : berfungsi untuk tutup buka jalur produk yang memiliki 3 lubng/jalur untuk tutup bukaanya. bahannya menggunakan SS316L dengan ukuran tree way valvenya 1.5".


  8. Control Panel : sebagai alat pengoperasian operator dilakukan dalam satu control box. box panel terbuat dari bahan SS304 dengan ketebalan 1.5mm. Didalam box panel terdapat beberapa alat listrik sebagai operating system dari mesin ini.



    Keterangan Control panel :
- Power Lamp On warna merah
- Motor Run On warna Green
- Timer On warna Green
- Total Time
- Selector Switch untuk Power ON/off
- Selector Switch untuk Timer On
- Push Button On
- Push Buton Off


nah ini dia sob control panel bagian dalam kalo sudah dibuka, terdapat beberapa komponen listrik yang harus sobat ketahui juga diantaranya:
  • MCB 3 Phase merk Mitsubishi
  • MCB 1 Phase merk Hager
  • Riley merk Omron
  • Terminal 20 Amper
  • Selector Switch diamter 22 merk Auspicious
  • Push Button diamter 22 merk Auspicious
  • indicator lamp diamter 22 merk Otto
  • Timer model H3CR merk Omron
Oke gan untuk pengenalan Mesin Colloid Mill saya cukupkan sekian, jika ada yang ingin tanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan saja untuk berkomentar pada kotak komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI