Tuesday 5 September 2017

MESIN DEFOILER STRIP

Selamat datang di blog mesin farmasi, masih di kumpulan mesin farmasi. kali ini saya akan membuat postingan yang tidak akan jauh masih tentang mesin farmasi tentunya yaitu mesin defoiler strip. ada yang tahu mesin defoiler strip? jika belum tahu mari kita pelajari sedikit demi sedikit. saya berposting sesuai dengan pengalaman dimana saya mendapatkan orderan mesin ini dari sebuah perusahaan farmasi ternama yang ada di jawa barat.


Mesin defoiler strip adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengeluarkan atau memisahkan obat berupa tablet/caplet dari bungkus/foil strip secara kontinyu dengan menggunakan putaran roler yang ditekan dengan posisi berhadapan berhadapan. berikut fotonya.



Cara kerja dari mesin ini adalah foil strip/bungkus obat yang berisi tablet/caplet dimasukan pada pada adjuster penempatan pertama dan nantinya akan di tarik oleh rol penarik kemudian pada kedua sisi foil strip akan terpotong terlebih dahulu dengan roll cutting/ disc cutter sehingga tablet/caplet dari foil strip itu akan terbuka dan terus maju terdorong oleh kedua roll yang berputar dari ukuran roll pendek sampai ukuran roll terpanjang. Mesin defoiler strip ini menggunakan material SS304 sehingga tidak akan mudah terjadi karat
Saya coba kupas tuntas mengenai pembuatan atau spesifikasi yang dipakai untuk membuat mesin ini, simak baik-baik ya sob :
  1. Rangaka Body : menggunakan Hollow SS304 ukuran 40x40. seperti yang sudah di kupas dalam artikel lain holow tersebut dibentuk sesuai ukuran yang sudah ditentunkan engineernya.
  2. Rumah bearing : atau body bearing untuk dudukan bearing menggunakan material Allumunium Dural dengan ketebalan 20-25 mm. berfungsi sebagai dudukan bearing yang nantinya akan jadi tumpuan utama para roller.


  3. Motor penggerak roller : menggunakan Gear motor merk GTR type GFW-18-7.5-T90. memiliki power 90 watt 200V/50Hz 0.47A 1350 rpm dengan ratio 1 : 7.5

  4. Timming belt : Putaran dari motor diteruskan menggunakan Timming belt, Timming belt adalah sabuk karet yang kuat dan bergerigi yang digunakan untuk memutar poros yang membutuhkan waktu yang bersamaan atau waktu yang berbeda tetapi ketepatannya terukur. timming belnya kemarin saya menggunakan merk mitsuboshi dengan kode 210L. sebagian orang kebanyakan pake merk ini karena kualitasnya tidak meragukan


  5. Bak peampungan : menggunakan plat SS304 dengan ketebalan 1.5mm, ditempatkan didepan dan di belakang. untuk penampung yang di depan khusu untuk penampung bungkus strip/cangkang foil strip, sedangkan penampung yang berada dibelakang untuk menampung tabletnya yang suda terkelupas atau yang sudah keluar dari foilnya 





  6. Roller pres : adalah yang berperan untuk membuka dan mendorong tablet dari bungkusnya saat melaju/berjalan secara kontinyu. lihat gambar bentuk rol dan posisi saat berpasangnya. memiliki alur profil puncak dan lembah (berpasangan).

  7. Roll penarik Foil strip : berfungsi untuk menari foil strip yang akan dibuka. saatfoil strip dimasukan akan langsung tertarik oleh rol penraik. permukaan rol lumaya kesat karena terbuat dari bahan PU agar tidak terjadi slip pada saat menarik foil strip terebut



  8. Panel Control : berfungsi sebagai kontroler utama untuk mengoperasikan mesin tersebut dala satu kontrol yang dinamakan kontrol panel.


Penjelasan bagian kelistrikan yang ada pada kontrol panel sebagai berikut :


  • MCB 3 Phase 32A – BH-D6-C32 Merk Mitsubishi
  • MCB 1 Phase 4A – MY104B Merk Hager
  • Kontaktor Model S-T35 Merk Mitsubishi
  • Kontaktor Model FC-7 type AC Coil
  • Overload 1.4 Amper
  • Riley 3bh Model MY4N-GS 24VDC Merk Omron
  • Timer Model H3CR Merk Omron
  • Travo 220V to 24V
  • Terminal 20A & 30A
  • Indicator Lamp 1bh Merah Ø22 Merk Otto, 2bh Hijau Ø22 Merk Otto
  • Selector Switch 3bh Ø22 Merk Auspicious
  • Emergency Stop Ø22 Merk Auspicious
Oke sob saya cukupkan sekian untuk peengenalan mesin Defoiler stripnya. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar saja siapa tahu kita bisa shearing dan berbagi ilmu tentan mesin ini atau mesin yang lainnya. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI