Friday 6 October 2017

RIBBON MIXER KAPASITAS 1200 LITER

Seperti yang sudah dijelaskan diartikel sebelumnya tentang mesin ribbon mixer dengan model atau kapasitas yang berbeda. Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang mesin ribbon mixer dengan kapasitas 1200 liter yang dipesan sebuah perusahaan ternama yang ada di semarang dalam bidang pengelola jamu. barang kali ada yang lupa disini saya akan ulas kembali pengertian tentang mesin ribbon mixer.



Ribbon mixer adalah  sebuah mesin yang berfungsi untuk mengaduk/mencampur bahan berbentuk powder dengan tingkat basah yang tinggi. Cara kerja mesin ini hampir sama dengan knider mixer yaitu digerakan oleh sebuah motor yang ditransmisikan pada sebuah gear box kemudian di sambungkan pada shaft untuk menggerakan bladenya.




Ribon mixer biasanya khas dengan bentuk bladenya yang menyerupai bentuk secrew namu bladenya ini terputus satu sama lain dalam arak radial dan memiliki ukuran yang berbeda antara diamter paling besar untuk diletakan dibagian luar dan diamater terkecil diletakan dibagian dalam, kemudian keduanya yang berfungsi untuk mengaduk secara mekanisme bolak balik terhadap produk yang berbentuk powder agar merata. sperti ini bentuk blade atau pisau ribon mixer untuk type horizontal.
 
Material yang digunakan untuk membuat mesin ini tentunya harus sesuai standar GMP khusus untuk industri farmasi, makanan, dan minuman. dimana material yang kontak dengan produk harus menggunakan bahan SS316L dan material yang tidak kontak atau bersentuhan langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.
Berikut saya jelaskan tentang spesifikasi yang digunakan dalam proses pembuatan mesin ribbon  mixer dengan kapasitas 1500 liter.
  1. Motor Penggerak : menggunakan gear motor merek Nord ex Germany Type SK 160MP/4TF dengan power 11 kW 400/690V 50 Hz 1456 rpm dengan memiliki rasio gear boxnya untuk outputnya 1 : 19.72






  2. Rangka body : material yang digunakan untuk membuat frame atau dudukan chamber mesin ini menggunakan Hollow 80x40 mm. kemudian dudukan motor menggunakan plat SS304 dengan ketebalan 10 mm.
  3. Chamber : menggunakan Plat SS316L dengan ketebalan 6mm kemudia diberi penguat pada setiap dinding sisi kanan kiri untuk memperkuat chamber ketika sedang beroperasi dengan menggunakan produk tidak terjadi distorsi atau lengkungan pada dinding chamber.
  4. Blade ribbon mixer : menggunakan plat SS316L dengan ketebalan 5mm dibuat sedemikian rupa seperti foto dibawah ini dengan mengikuti kontur lingkar body chamber. Shaft blade menggunakan bahan SS16L dengan diameter 2 inch atau 50.8mm

  5. Pada bagian samping kiri kanan chamber dibuat knock down agar mudah dalam proses pembongkaran dan pemasangat. Sangat dianjurkan juga untuk mempermudah proses maintenance dan pembersihan chamber ketika sduah selesai bekerja atau rutinistas cleaning terhadap mesin tersebut.

  6. Putaran dari motor menuju shaft balde ribbon mixer menggunakan transmisi Sprocket + rantai RS 100 dengan baha standar baja hardened.

  7. Shaft blade ribbon mixer di topang oleh 3 bantalatan atau bearing. Type bearing yang dipakai menggunakan TYPE SN 516 Merk ASB

  8. Outlet product : didesign dengan menggunakan pneumatik system, Cara kerjanya adalah jika outlet produk akan dibuka maka pneumatic secara otomatis akan aktif dan membuka outlet product yang dicontrol dengan menggunakan foot switch.


  9. Ruamh Gar lock : Untuk menghindari kebocoran pada area lubang shaft maka dibuatkan rumah gar lock yang berfungsi sebagai penahan atau penutup produk saat ribbon mixer sedang proses. kemudian didalamnya terdapat tambahan air seal untuk menahan produk jika mengalamai pressure

  10. Tangga bordes : mesin ini dilengkapi dengan tangga bordes sebagai pelengkap dalam proses mixing menggunakan ribbon ini karena ukurannya lebih besar sehinga perlu alat bantu tangga bordes untuk memasukan produk atau tambahan lain saat proses mixing. Tangga bordes ini terbuat dari bahan SS304 Hollow 60x30 mm dan plat bordes tebal 3mm. Dilengkapi dengan hand reail untuk pegangan operator ketika naik atau turun.

  11. Inlet Product : berbentuk kerucut seperti corong, bahan menggunakan SS316L tebla 1.5mm dengan sistim clamp ferrule agar mudah untuk dilepas ketika sudah tidak digunakan.

  12. Panel Control : Box panelnya terbuat dari plat SS304 dengan tebal 1,5mm. Semua pengoperasian di atur pada panel control ini.
     
    Keterangan tombol kontrol panel sebagai beriku :
    - Lampu Power
    - Lampu Motor On
    - Lampu Motor Of
    - Switch Power
    - Switch Timmer
    - Tombol motor start
    - TOmbol motor stop
    - Emergency Stop
    - Timer
  13.  Alat listrik yang digunakan untuk kontrol panel diantaranya sebagai berikut:

    - NCB 63 Amper merk mitsubishi
    - MCB 4 Amper merk hager
    - Kontactor Model S-T30 merk mitsubishi
    - Overload model TH-T25
    - Timer model H3CR merk Omron
    - Travo 220V to 24 V
    - Foot Switch model XPE M110 IEC/EN 60947-5-1


  14. Air Regulator menggunakan merk festo 0 - 16 bar dan Solenoid valve menggunakan mer festo juga dengan model MFH-5-1/8
     
  15. Sensor Switch pada tutup : berfungsi jika tutup masih dalam kondisi terbuka maka mesin tidak akan jalan. dan seblaiknya jika posisi tutup chamber sudah tertutup rapat maka mesin bisa dioperasikan. Maka dari itu untuk keamanan operator diapakailah sensor switch pada tutup. dengan model WLCA12-2N merk omron


  16. Foot Switch : berfungsi sebagai switch tutup buka outlet produk. spesifikasi yang digunakan bermerk schneider dengan model XPE M 110


Oke gan untuk pembahasan tentang mesin ribbon mixer dengan kapasitas 1200 liter saya cukupkan dulu sekian. JIka ada pertanyaan atau hal lain yang ingin ditanyakan silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI