Sunday 17 September 2017

MESIN CENTRIFUGE

Selamat siang sob, kali ini saya akan membuat artikel tentang mesin centrifuge yang pada umumnya memang mesin ini sudah terkenal begitu lama. namun hanya untuk sekedar pengetahuan khusunya, apalagi untuk orang yang belum tahu tentang mesin ini berikut saya akan jelaskan tentang mesin tersebut. Singkat cerita kemarin saya dapat orderan untuk memodifikasi mesin centrifuge untuk kebutuhan farmasi yang terletak di serpong.


Mesin centrifuge adalah sebuah alat yang digunakan untuk memisahkan partikulat padat dalam cairan. Cara kerja mesin ini digerakan oleh sebuag motor listrik dengan kecepatan 1400 rpm sehingga kadar air yang berada dalam produk akan terseret keluar melalui saringan mesh dan saringan polyester yang berukuran mikron ( ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis prosuk yang akan di saring) air akan keluar melalui jalur outlet.

Mesin Centrifuge ini dilengkapi dengan brake untuk membantu menurunkan putaran secara cepat saat moto dimatikan. Filter bag yang digunakan untuk mesin centrifuge ini berbahan polyester dengan kerapatan 50 mikron. Mesh dan perforated yang ada didalam chamber centrifuge menggunakan bahan food grade standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan baha SS316L dan yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahan SS304.

Spesifikasi mesin centrifuge setelah dimodifikasi :

  1. Body mesin : terbuat dari besi cor atau orang sering menyebutnya Cast iron. ketebalan dari body ini tidak beraturan karena menggunakan system cor, namu hasil permukaan setelah finishing tetap rata dan halus.

  2. Inner Chamber : berfungsi sebagai wadah yang berputar tuntuk meniriskan atau memfilter produk yang akan dipisahkan darkadar airnya (terbuat dari plat perforated dengan dilapisi mesh sebagai saringan rapat) .Bahannya terbuat dari SS316L karena kontak langsung dengan produk.


  3. Cover Chamber : yaitu bgain luar yang menutupi Inner Chamber, bahannya terbuat dari plat SS316L karena akan terkena cipratan produk yang terbanting akibat putaran inner chamber.


  4. Power Motor : menggunakan 2HP 1400 rpm 380V 50Hz Merk TAI-YIH SUN Induktion Motor Ex Taiwan.

  5. Transmisi Pully : Putaran dari motor di transfer menggunakan Pully + V-Belt dengan diamter 8 inch. Kemudian untuk menghentikan putaran mesin secara cepat mesin ini dilengapi dengan brake


  6. Hanlde Brake Manual : berfungsi untuk menekan rem saat mesin sudah selesai dioperasikan dan ingin segera berhenti, maka handle ini langsung kita tarik aga putaran cepat berhenti.

  7. Spring Vibra : berfungsi untuk meredam getaran saat mesin ini beroperasi. kemarin kita ganti Springnya denga yang baru karena yang lama suspensinya sudah berat. Jika sudah berat maka getaran tidak akan bisa teredap dengan baik.


Oke sob sampai disini dulu yah pengenalan spesifikasi mesin Centrifuge, jika ada pertanyaan atau shearing silahkan berkomenta rsaja atau hubungi kami. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat selalu.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI