Thursday 13 October 2016

MESIN REWINDER

Dunia mesin sangatlah luas, namun kita masih bisa mengelompokan peruntukannya dan fungsinya, setelah itu baru kita seleksi dalam kegunaannya pada sekala pabrik yang bergelut di tiap bidang baik itu makananm, minuman, farmasi, kimia dan lain lain. kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang sbuah mesin untuk proses ink jet print yaitu Mesin Rewinder. Sedikit shearing saya akan jelaskan mengenai mesin rewinder ini, tapi sebernya pengertian tentang mesin ini sudah saya jelaskan di artikel Mesin mesin farmasi,

Mesin Rewinder Merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk menggulung ulang foil plastik yang akan diberi kode/tanggal/print secara kontinyu. Cara kerja dari mesin ini adalah Roll Foil ditempatkan pada Roller 2 (bukan penggerak utama), kemudian ujung plastik ditarik dan diposisikan sesuai alur Roll menuju Roller 1 (penggerak utama). Roll penggerak utama diputarkan oleh sebuah motor yang ditransmisikan melalui belt dan pully untuk menggulung ulang foil plastik yang telah diberi kode/tanggal/print tersebut. berikut fotonya dibawah ini


Mesin Rewinder ini juga dilengkapi dengan variable speed sehingga kecepatan putaran motor dapat diatur sesuai kebutuhan. Kecepatan putaran Roll akan menentukan hasil gulungan platik.Sehingga kecepatan putaran harus menyesuaikan terhadap besar kecilnya dimensi atau ukuran foil plastik tersebut. Biasanya mesin ini sering dilengkapi dengan timer otomatis, dimana jika timer diaktifkan maka mesin akan mati secara otomatis jika waktu yang disetting telah tercapai.
Mengenal lebih detil tentang komponen / Part Mesin Rewinder, Berikut bagian -bagian komponen penting yang ada di dalamnya :
  1. Drive Roll dan Driven Roll : berfungsi sebagai dudukan Roll foil yang akan digulung
  2. Dudukan Inkjet Print : berfungsi sebagai tempat letaknnya Inkjet Print
     
  3. Encoder Electrik : adalah sebuah alat yang berfingsi sebagai penarik dan penyeimbang putaran dan gerakan  Roll foil yang akan melewati Inkjet Print.

  4. Sensor Fiber Optik : Berfungsi untuk mendeteksi berapa banyak /panjang roll foil yang sudah di beri kode/tangga/print. Secara otomatis akan tampil pada counter display.
  5. Panel Control : adalah bagian control untuk menjalankan mesin Rewinder.
    Pada panel control terdapat beberapa tombol, berikut keterangannya :
    • Power Lamp Merah & Hijau
    • Selector Switch
    • Variable Speed
    • Push Button Motor On
    • Push Button Motor Off
    • Emergency Stop
    Gambar ini merupakan rangkaian listrik systematis dari panel control, berikut keterangannya :
    • MCB 4A Merk Schnider
    • Riley MY4N Merk Omron
    • Inverter VF-S15 Toshiba 2HP/ 1.5kW
    • Timer Merk Omron
    • Dioda 4700 mf
    • Potensio Meter 5 k Ohm
    • Terminal 20 Amper
    • Electro Motor 1.5 kW/ 2HP 220V/50Hz

    Electro Motor
    Potensio Meter
  6. Rangka Bodi : didalamnya terdapat rangka body dengan menggunakan material Mild Steel.  Kita harus menyesuaikan ketebalan plat body terhadap ukuran mesin rewinder yang akan dibuat. Untuk perencanaan mesin rewinder kali ini menggunakan bahan dengan ketebalan 10mm. Setiap pengerjaan di rakit kan dan di susun sedemikian rupa untuk membentuk mesin rewinder sesuai intruksi dari engineer melalui gambar teknik. Berikut foto rangka bagian dalam mesin rewinder sebelum di cover stainle steel.
    Sekian dulu untuk pengenalan tentang Mesin Rewinder kali ini. Jika kurang jelas atau ada hal yang ingin di sampaikan silahkan untuk berkomentar saja pada kotak komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan bisa menghubungi kontak kami yang ada di tex slide. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI