Thursday 21 September 2017

FILLING KEJU KAPASITAS 2 kg

Seperti yang sudah di jelaskan kemarin mengenai mesin filling keju namun ini memiliki kapasitas cukup besar dari artikel yang kemarinn maka dari itu pada kesempatan ini saya akan posting tentang pembahasan mesin filling keju kapasitas 2 kg


Mesin filling keju adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memindahkan atau menyimpan produk keju cair kedalam wadah atau bungkus berupa cup atau plastik bungkus untuk di packing dalam ukuran tertentu, namun mesin filling keju yang saya sedang bahas yaitu untuk bungkus ukuran 2 kilo gram. Mesin filling kaju ini memiliki dua nozle sebagai outputnya untuk mengelaurkan keju. sekali pencet tombol start maka keju yang keluar akan menghasilkan volume atau berat 2kg .

Mesin filling keju ini dioperasiken oleh dua operator karena dengan kapasitas yang cukup besar mesin ini dikendalikan oleh dua orang operator untuk enghindari overload, dilengkapi dengan dua foot switch.



Cara kerja mesin ini adalah keju cair yang dimasukan pada hopper (berbahan PPC food grade) akan di sedot oleh lube pump kemudian dikeluarkan dan melewati nozzle. Keju cair yang sudah dimasukan ke plastik packing akan di simpan pada ruang cooling storage untuk didiamkan agar menjadi beku.

Spesifikasi mesin filling keju kapasitas 2 Kilo gram 


Adapun spesifikasi yang dipakai untuk membuat mesin filling keju kapasitas 2 kilo gram sebagai berikut :
  1. Frame body : Semua frame body menggunakan SS304, seperti kaki mengunakan pipa SS304 diamter 3 inch, meja menggunakan plat SS304 dengan tebal 1.5mm, dudukan hopper mnggunakan pipa SS304 diameter 1.5 inc.
  2. Lube Pump motor : dalam proses pengeluaran keju cari dari hopper menggunakan motor lube pum dengan kapasitas 2 kg sekali tekan foot switch. mesin filling ini memiliki dua buah motor lub pump dengan memiliki power masing-masing 3.5kW

     
    lube pump tampak depan dan samping

    lube pump tampak belakang
  3. Hopper : berfungsi sebagai penampung keju cair, hopper ini berbentuk cone atau kerucut seperti tampak gambar di bawah, ukuran diameter atas 1000 mm, diameter bawah 200 mm dan tinggi 750 mm

  4. Elbow Joint : berfungsi sebagi saluran perantara dan juga untuk menbagi dua jalur dengan menggunakan elbow. Elbow ini berbahan SS316L karena kontak dengan produk dan memiliki diameter 3 Inch. koneksi antara elbow dengan lube pum menggunakan RGT.


  5. Electro Brake system: motor lube pump dipasang electro brake magnetik, berfungsi untuk menahan atau mengerem putaran motor ketikan foot switch sudah di tekan maka motor lube pump akan berputar dan berhenti secara otomatis jika waktu settingan dan takranan sudah mnecukupi 2kg (disetting sebelum beroperasi melalui trial end error)

  6. Panel Control : sebagai kontrol utama dalam mengoperasikan mesin ini, Box panel terbuat dari bahan plate SS304 dengan tebal 1.5mm.
     
    Keterangan panel kontrol : Power lamp (red), motor1 on (green), motor2 on (green), ON/OFF motor 1 dan 2, switch power, switch motor dan emergency stop.

    spesifikasi alat listrik yang dipakai pada mesin filling keju kapasitas 2kg adalah sebagai berikut :

    -MCB 3Phase
    63Amper merk Mitsubishi-MCB 1Phase 4 Amper Merk Hager
    -Kontaktor Model S-T25 merk Mitsubishi
    -Overload Merk Mitsubishi

    -Riley Model MY4N merk Omron
    -P.lamp warna merah dan hijau diamter 22 Merk Otto
    -Selector Switch diamter 22 merk auspicious
    -E.Stop diameter 22 merk auspisious
untuk kontrol panelnya saya tidak terdokumentsikan untuk bagian dalamnya. tapi seperti yang sudah saya tuliskan pada tiap artikel untuk komponen alat listrik tersebut selalu menggunakan part part standar yang telah tersedia dipasaran jadi kita tinggal rakit rakit saja. semua serba instan hanya memerlukan keuletan saja untuk menciptakan suatu rangkaian listrik jangan sampai terbalik.

Oke gan untuk pengenalan mesin filling keju kapasitas 2 kg saya cukupkan sekian, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan untuk menulis dikolom komentar saja siapa tahu kita bisa sharing. semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat selalu.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI