Tuesday 19 September 2017

MESIN FILLING KEJU KAPASITAS 250 Gram

Pada kesempatan ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang mesin filling kjeu, mesin ini pada ummumnya sudah banyak digunakan di pabrik keju lainnya namun berdasarkan pengalaman kami ada bebearap yang akan di shearingkan didalam artikel ini sebagai pengetahuan para pembaca.
Mesin filling keju adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memindahkan atau menyimpan produk keju cair kedalam wadah atau bungkus berupa cup atau plastik bungkus untuk di packing dalam ukuran tertentu, namun mesin filling keju yang saya sedang bahas yaitu untuk bungkus ukuran 250 gram. Mesin filling keju ini memiliki satu nozle sebagai outputnya untuk mengelaurkan keju.

Cara kerja mesin ini adalah keju cair yang dimasukan pada hopper (berbahan PPC food grade) akan di sedot oleh piston volume melalui tutup buka three way valve, saat three way valve terbuka menuju ruang pistone volume maka outlet akan tertutup dan keju tersebut masuk pada ruang pistone volume, sebaliknya jika piston volume sudah terisi keju cair akan di tekan dan valve input dari hopper akan tertutup kemudian three way valve output akan terbuka dan keju cair keluar dari nozzLe. keju cair tersbut kemudian akan di simpan pada ruang cooling storage untuk didiamkan agar menjadi beku.

Spesifikasi mesin filling keju kapasitas 250 gram 

Adapun spesifikasi yang dipakai untuk membuat mesin filling keju kapasitas 250 gram sebagai berikut :
  1. Hopper : berfungsi sebagai penampung keju cair, hopper ini berbentuk cone atau kerucut seperti tampak gambar di bawah, ukuran diameter atas 750 mm, diameter bawah 150 mm dan tinggi 500 mm


  2. Three way Valve : berfungsi sebagai tutup buka produk. Lubang valvenya ada tiga posisi, satu untuk koneksi ke hopper, kadua untuk koneksi ke pistone volume, ketiga untuk koneksi ke nozzle sebagai output produk.


  3. Pistone volume : berfungsi sebagai penentu ukuran gramasi keju yang akan di keluarkan. di dalam volume piston ini tentunya terdapat piston sebagai pendorong dan penyedot keju


  4. Adjuster piston volume : berfungsi untuk mengatur takaran volume keju yang akan dikeluarkan, adjuster tersbut sangat mempengaruhi gramasi keju. jika diputar searah jarum jam maka volume akan berkurang, sebaliknya jika aduster di putar berlawanan arah jaum jam maka volume akan bertambah.


  5. Pneumatic/ air cylinder untuk piston volume : berfungsi sebagai power untuk mendorong piston, menggunakan merk festo dengan ukuran DNC 80-75, artinya memiliki size 80 dengan langkah strok 75 mm.


  6. Pneumatic/ air cylinder untuk penggerak three way valve : berfungsi untuk menggerakan three way valve sebagai tutup buka jalur cairan keju.




  7. Regulator : menggunakan merk feto dengan tekanan 1 - 60 bar


  8. Rangka body : menggunakan bahan SS304 diantaranya meja menggunakan bahan tebal 12 m, untuk kaki menggunakan pipa SS304 diamter 3 inch, dudukan hoper menggunakan plat tebla 3mm kemudian di rol. dan kaki dudukan hoper menggunakan pipa ss304 diamter 2 inch.


  9. Kontrol panel : disini untuk kontrol panelnya sangat simpel yaitu hanya terdapat switch power dan lampu power saja. karena untuk mengoperasikan mesin keju filling kapasitas 250 gram singgle nozzle menggunakan airvalve three way (untuk buka tutup angin) di lakukan secara manual.


  10. Solenoid vale : menggunakan mekr Festo dengan model MFH-5-1/4

    oke sob sampai disini dulu pembahasan tentang mesin filling keju dengan kapasitas 250 gram, jika ada pertanyaan atau hal yang ingin di sampaikan silahkan saja untuk berkomentar. semoga artikel ini brmanfaat untuk menambah wawasan kita tentang mesin tersbut. Salam sehat

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI