Monday 18 September 2017

MESIN BISCUIT LOADER

Selamat sore menuju malam sobat, sebelumnya saya telah membahas mesin food dengan judul artikel mesin air classifier mill. kali ini saya akan membahas tentang mesin biscuit loader. ada yang tahu mesin biscuit loader?, kalo belum tahu silahkan simah ulasannya, berikut saya utamakan foto mesinnya.

Mesin Biscuit Loader diciptakan untuk menggantikan manusia / operator dalam aktivitasnya yaitu memasukan biscuit kedalam wadah/tray atau kemasan dengan manual. Fungsi dari mesin loader ini adalah sebagai counter/menghitung jumlah biskuit yang akan di packing kemudian dengan otomatis jumlah dari biscuit yanh sudah dihitung dengan sensor akan menempati wadah /tray secara otomatis. kemudian tray yangsudah terisi akan masuk ke mesin packing atau pengemasan foil. Mesin ini menggunakan system sensor counter dalam menghintung biscuit yang akan dikemas dan sudah menggunakan system panel LCD Touchscreen. 

Sebenarnya mesin biscuit loader ini sepenuhnya merupakan system mekanis namun setiap gerakannya dilengkapi dengan sensor sebagai pengatur gerak atau langkah meksinmenya. Penggerak utama mengunakan motor servo yang menjadi kinci utama dan akurasi pergerakan mekanismenya.
Mesin ini sangat banyak diminati oleh perusahaan yang bergerak dibidang makanan khususnya divisi biscuit. Alat membatu sekali untuk perusahaan yang notabene kapasitas produksi yang cukup tinggi.

Mesin ini awalnya merupakan imajinasi kami yang selama ini belum ada yang menciptakan di indonesia, kebanyakan made in china china dan china. Untungnya ada sebuah perusahaan bergerak dibidang makanan divisi biscuit yang terletak di kawasan Industri Bukit Indah-Cikampek. salahsatu bagian meneger teknik menawarkan kepada team kami untuk membantu operator yang load kapasitas dalam proses produksi salahsatunya yaitu proses pengemasan memasukan biscuit ke tray secara manual diganti dengan mesin.


kita terlebih dahulu surpey ke TKP kemudian baru kita lakukan perancangan, singkat cerita dan akhirnya sebuah rencana telah terancang. dibawah ini merupakan awalan dan hanya sebagai gambaran pertama yang memerlukan kesempurnaan lagi.




Kita langsung saja bahas tentang spesifikasi mesin tersebut silahkan untuk di simak.

Spesifikasi mesin biscuit loder : 

  1. Kerangka body : menggunakan siku 50 mild steel, dipotong dan dirakit sesuai intruksi dari engineer melewati gambar kerja. kemudian disambung paten dengan cara di welding. cover kerangka body menggunakan palt SS304 tebla 1.5mm dipasang setelah kerangka body seslai di finishing welding.


  2. Star Wheel : berfungsi untuk menarik atau mengangkat biscuit menuju rel sliding. start wheel ini merupakan komponen paling utama untuk menetukan keberhasilan biscuit yang terangkat. simulasi, simulasi dan terus simulasi akhirnya komponen ini berhasil dibuat. berikut foto komponennya.



  3. Pusher penarik biscuit : berfungsi untuk menarik biscuit, porses penarikan terjadi ketika star wheel berputar membawa biscuit dan terdetek oleh sensor maka pusher secara otomatis akan bergerak menuju starwil dan langsung menarik biscuit jika sudah tercapai jumlahnya yang terdetek counter sensor. Pergerakan pusher ini maju mundur yang digerakan oleh motor servo.


    Pusher ini menggunakan transmisi rantai yang berbahan nylon jadi namanya rantai nilon, untuk sprocketnya snediri menggunakan bahan standart mild steel RS40. Pushernya terbuat dari palt SS316L karnea akan kontak dengan produk.


    Jalur/bantalan rell rantai menggunakan bahan nylon yang biasanya dipakau untuk topchain, namun memang ada ukuran untuk rantai dengan dimensi lebar 25mm dan bantalan rel tersebut berbentuk C, jadi rantai tidak akanloncat dari jalurnya saat beroperasi.



  4. Rell Manufer Slide : berfungsi untuk memindahkan biscuit yang sudah di tarik oleh puser kemudian rell manufer ini akan turun secara otomatis jika biscuit sudah berada tepat di atas tray yang kosong. Rell manufer slide ini akan meletakan biscuit pada tray dengan cara turun secara continyu danslide plate langsung membuka nya sehingga biscuit akan turun tepat di wadah atau tray yang kosong yang berada dibawah rel slide tersebut.



  5. Bad Pusher : berfungsi sebagai dudukan pusher, dimana pusher ini bergerak didalam bed yang bisa naik turun. yang mengerakan naik turunya bed adalaha pneumatik yang di pasang di atas bad dengan posisi menggantung. bad ini berbahan SS304 plat tekuk dengan ketebalan 1.5mm

     Armnya di sambungkan dengan shaft sebagai tumpuan. posisinya berada diatas start wheel karena searah dengan putaran start wheel saat pusher akan menarik biscuit.


    Bed pusher ini dilengkapi dengan adjuster untuk mengatur tekanan rantai yang ada di bad pusher tersebut adjuster nya di buat simpe dan maksimal.


  6. Motor Penggerak Start wheel : menggunakan gear motor dengan power 0.375kW atau 1/2 HP 220V



  7. Motor Penggerak Pusher : menggunakan motor servo automatic system yang dilengkapi dengan kontroler speed, powernya 0.2kW 220-400V 50Hz rpm 10 - 13500 rpm

  8. Pemunatik untuk Bed pusher : memiliki strook 100 mm, menggunakan merk SMC dengan kode CDA 1FN 50-100

  9. Pneumatik untuk bukaan slide rell :  menggunakan merk TAIYO ex japan dengan langkah / struk 80mm




  10. Solenoid Valve : kami selalu mengunakan merk FESTO dengan model MFH-5-1/4


  11. Pneumatik untuk manufer slide rell : menggunakan merk SMC dengan stroke / langkah 75mm





  12. Panel Contorol : menggunakan system Touchscreen, oleh karena itu mesin ini harus membuat program agar bisa beroperasi sesuai funhsinya.




  13. Alat listrik yang terletak pada panel control


    Keterangan :
    - MCB 3Phase  36 Amper merk Mitsubishi (dimulai dari ujung sebelah kiri)
    - Inverter 1/2 HP merk SIEMEN 2 bh
    - Riley merk omron model MY4N 24VDC 5bh
    - PLC merk Omron 1bh
    - Power Suplly 24V merk Omron 1bh
    - Terminal blok 20 amper
  14. Mesin siap kirim

     
Ada yang lupa sob satu lagi untuk mentrasfer biscuit menuju loader ini menggunakan konveyor yang disatukan dengan mesin loader tersbut dalam satu kontrol panel. karena unit conveyornya terpisa jadi saya lupa untuk memasukan data tersebut. Posisi conveyor ini berada dibelakang, yang berdekatan dengan start wheel, ujung conveyor tersebut berdekatan bahkan hampir menempel dengan start wheel.
Oke sobat untuk pembahasana atau mengenal tentang mesin loader ini saya cukupkan sekian, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin di tanyakan silahkan untuk berkomentar saja. siapa tahu kita bisa shearing atau bantu untuk tuntasi kebutuhan tersbut. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat selalu.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI