Saturday 5 November 2016

TANKI MAGNETIC BOTTOM MIXER

Kali ini saya akan shearing beberapa pengalaman yang mungkin bisa dikatakan sebagai pengenalan atau mengenal mesin mesin farmasi untuk pembaca sekalian khusunya yang banyak digunakan di industri farmasi. barangkali bisa membatu anda semua yang membutuhkan materi pelengkapnya. 

Khusunya di bidang farmasi banyak sekali peralatan pendukung untuk menunjang fasilitas produksi, kali ini saya akan membahas tentang mesin Magnetic Botom Mixer yang dilengkapi dengan double jacket.



Tanki Magnetic Botom Mixer adalah sebuah alat berupa tanki yang digunakan untuk proses mixing atau pencampuran product liquid dengan kapasitas tertentu. System proses mixingnya menggunakan magnetik dimana kedua area luar dan dalam tidak menjadi satu kesatuan anatar balde mixer dengan shaft motornya. untuk tangkinya sendiri disini dalam kasus yang sudah saya alami menggunakan double jacket karena ada proses pemanasan. berikut Foto Tanki Magnetic Bottom Mixer yang di maksud yang menggunakan double jacket.


Jika anda belum paham tentang double jacket silahkan baca artikel yang menjelaskan tentang bagaimana cara pembuatan tanki double jacket disini.

Spesifikasi tanki magnetik bottom mixer :

Berikut spesifikasi yang dipakai untuk pembuatan tanki magnetic bottom mixer :
  1. Motor Magnetic Mixer : adalah penggerak utama yang memutarkan balde mixer dengan sistem magnet. seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa motor magntic ini terpisah antara blade dengan saft motor sehingga tidak akan terjadi kebocoran pada tanki karena tidak memiliki lubang dan tidak menggunaan seal seperti tanki mixing biasa. Motor Magnetic ini sekarang sudah umum dan banyak dijual dipasaran. Berikut Contoh motor magnetic botom mixer merk alfalaval


    (Sumber : Alfalaval)
    cara kerja nya adalah motor berputar kemudian diteruskan dengan menggunakan shaft dimana pada ujung shaft terdapat magnet pada sekeliling diamter shaft dengan diameter sesuai kebutuhan. kemudian pada blade mixer yang terpisah juga terdapat magnet pada bagian diameter dalam blade mixer. berikut gambar skema penjelasan dan cara kerjanya


    (sumber : Alfalaval)

  2. Sheel plate double jacket : material yang digunakan untuk tanki ini adalah Plat SS316L untuk bagian dalam dan SS304 untuk bagian jacketing dan cover jacket.
  3. Top plat : pada bagian atas atau sering disebut tutup memiliki berbagai inlet/ connection yang dianatranya ada connection untuk inlet product, inlet vacuum, inlet liquid, kaca penduga , pressure gauge, lampu sorot, Spray Ball dll. berikut foto bagian tutup terlihat dari ats.

  4. Kaki : Mengunakan pipa bahan SS304 dengan diameter 3 inch
  5. Roda : menggunaan roda bahan PU dengan diameter 3 inch. Barang standar part ini banyak dijual dipasaran, merk dan ukuran tergantung kebutuhan. jadi jika ada kebuthan roda anda tinggal liat katalognya saja berapa ukuran yang dipakai dengan menyesuaikan kebutuhan.
  6. Kontrol Panel : berfungsi sebagai control dari semua sisytem yang ada pada tangki ini mula dari menggerakan motot, mengatur kecepatan putaran blade mixer, mengontrol suhu. dll.

    Pada panel control ini terdapat inverter yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran motor untuk menyesuaikan terhadap kebutuhan. inverter yang dipake adalah merk toshiba 0.75kW/1HP 380-500V 50/60Hz
    Keterangan dari gambar:
    • Lampu Power (warna merah)
    • Lampu Mixing On (warna hijau)
    • Lampu Time On (warna hijau)
    • Temperatur Control
    • Timer
    • Lampu Sorot On
    • Selector Switch Power On-Off
    • Selector Switch Tim On-Off
    • Selector Switch Steam On-Off
    • Variable Speed
  7. Blade Mixer yang sudah terpasang pada bagian bottom tanki yang bisa lepas dan pasang secara mudah karena menggunakan magnetic tidak menggnakan system baut atau pasak.
  8. Bottom Valve : berfungsi sebagai output priduct liquid. cara kerjanya hampir sama dengan valve biasa pada umumnya namu tidak ada gep atau ruang kosong pada mulut valve yang dapat mengakibatkan tidak tercampurnya produk sisa.
  9. Thermocouple : berfungsi untuk mendeteksi suhu yang ada didalam tangki saat proses. Thermocouple yang digunakan merk WIKA dengan panjang kurang lebih 50mm dan connection nya ferrule 1.5"
    (terletak dibagian bawah yang berwarna biru.)
Untuk sementara pembahasan Tanki Magnetic Bottom Mixer dicukupkan sekian. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan untuk berkomentar saja. untuk konsultasi atau pemesanan lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami di teks slide. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI