Thursday 28 September 2017

TANKI EVAPORATOR + KONDENSOR

Masih di dunia farmasi, pada rtikel kali ini saya akan membahas tentang tanki evaporator yang dipesan oleh sebuah perusahaan milik BUMN. Tanki  Evaporator kapasitas 100 liter ini menggunakan bahan food grade standard GMP, dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak berinteraksi langsung menggunakan bahan SS304. 

 

Tanki Evaporator ini merupakan tanki yang didesign untuk sebagai tanki bertekanan. Tanki ini berfungsi sebagai proses evaporasi dimana cara kerjanya adalah memanaskan produk yang akan di extrak melalui kondensor. Tangki Evaporator kapasitas 100 Liter ini dilengkapi dengan system double jacket dengan sumber pemanas menggunakan steam yang dimasukan melalui inlet steam dengan koneksi flange.
Secara umum Evaporasi dapat didefiniskan pada dua keadaan atau kondisi yaitu :
  • Evavorasi yang berarti proses penguapan yang terjadi secara alamiah
  • Evavorasi dengan proses penguapan yang diakibatkan oleh uap panas (steam) dalam tanki 
Evaporasi adalah peristiwa menguapnya pelarut dari campuran yang terjadi atas zat terlarut yang tidak mudah menguap dan pelarut yang mudah menguap. Evapori juga dapat di artikan sesbagai suatu proses penguapan sebagian atau keseluruhan pelarut sehingga yang bisa tersisa hanya larutan yang prkat atau kental serta memiliki konsentrasi yang tinggi. Tujuan evaporasi adalah untuk memekatkan larutan yang terdiri kompnen zat yang memiliki titik didih rendah (mudah menguap) dengan zat yang memiliki titik didih tinggi (tidak mudah menguap). Proses evaporasi lebih banyak yang dijadikan pelarut itu adalah air. Zat inilah yang diuapkan agar terlepas dari liquid yang  diinginkan.

Spesifikasi yang digunakan untuk pembuatan tanki evaporator :

  • Unit Tanki : (1) Sheel plat menggunakan bahan SS316L dengan tebal 3mm + ring tebal 15mm, (2) Jacketing plat menggunakan bahan SS304 tebal 3mm, (3) Insulating Rock wool menggunakan rock wool density 20, (4) Cover insulating SS304 tebal 1.5mm, (5) Top plat menggunakan SS316L tebal 3mm + ring tebal 15mm, (6) Bottom plat menggunakan plat SS316L dengan tebal 3mm.

     
  • Perlengkapan Top plate : (1) Conrong Inlet menggunakan bahan SS316L bentuk corong yang dilengkapi butterflay valve size 1 inch bahan SS316L merk SPV. (2) Pressure gauge system diagfrahma dengan connection ferrule. (3) Connection kondensor ferrule 3 inch, (4) Sight glass / kaca penduga menggunakan bahan tamper glass tahan panas, (5) kamping penguat tutup menggunakan system putar manual dengan menggunakan engsel pada bagian tutup.
     
     

  • Kondensor : adalah suatu alat yang terdiri dari jaringan pipa dan digunakan untk mengubah uap menjadi zat cair. Dapat juga di artiken sebagai alat penukar kalor(panas) yang berfungsi untuk mengkondensasikan fluida. Kondensor ini dibuat dari bahan food grase standar GMP dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunkan bahan SS316L dan material yang tidak beriteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.


  • Perlengkapan Bottom Plate : (1) Thermocouple berfungsi untuk mendeteksi suhu yang tercapapi pada produk yang ada didalam tanki evaporator. (2) Butterflay Valve diamter 1inch berufngsi sebagai output produk bahannya menggunakan SS316L merk SPV. (3) Kaki menggunakan pipa diamter 3 inch +adjuster untuk mengatur penyesuaian terhadap lantai
     
  • Kontrol Panel : pengoperasiannya sangat sederhana dengan dilengkapi dua tombol pengoperasian.

     
  • Alat lisrik yang digunakan untuk kontrol panel tersebu berikut spesifikasinya :

    - MCB 1Phase 2 Amper
    - Riley MY4N 24V merk Omron
    - Temperatur Control Merk Autonics
    - Terminal Blok 20 amper
    - Power Lamp Diamter 22 merk Otto 1bh
    - Selector Switch diamter 22 merk Auspicious 2bh
Oke gan untuk pengenalan spesifikasi dari tanki evaporator saya cukupkan sekian, jika ada yang ditanyakan atau hall lain yang akan ditanyakan silahkan untuk berkomentar saja pada kolom yang sudah doi sediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan bisa hubungi kontak kami yang ada di teks slide. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI